Lomba Foto Bersama BULOG di SMESCO

PANITIA Lomba Foto Bersama Bulog telah mengantongi nama-nama para pemenang. Sebanyak 23 pemenang lomba foto eksternal dan 8 pemenang lomba foto internal tersebut selesai diseleksi kemarin (Selasa, 4/5).

Yang menarik, dalam proses seleksi foto karya para peserta yang dilakukan di Kantor Perum Bulog, Jakarta, terlihat pemahaman masyarakat terhadap Bulog masih sebagai penyalur beras murah kepada masyarakat.

“Hampir 60% foto yang diseleksi kebanyakan temanya tentang beras,” kata Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia Hariyanto dalam proses penyeleksian tersebut.

Foto mengenai beras, mulai proses pengemasan, distribusi menggunakan kapal, hingga beras sampai di tangan rakyat, mendominasi 320 gambar yang dinyatakan layak seleksi. Jumlah foto sebanyak itu diperkecil menjadi 3 pemenang utama dan 20 pemenang harapan.

Dalam menanggapi hal tersebut, Sekretaris Perum Bulog Siti Kuwati saat dihubungi terpisah menyatakan masih banyak komoditas lain yang dikelola Bulog. Di antaranya jagung dengan merek Pangankita, gula dengan merek Maniskita dan beras dengan merek Beraskita.

“Berdasarkan Peraturan Presiden No 48 Tahun 2016 tentang Penugasan kepada Perum Bulog dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional, pemerintah menugasi Perum Bulog menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga pangan pada tingkat konsumen dan produsen, untuk pangan beras, jagung, dan kedelai,” ujarnya.

Bahan pangan lain yang dikelola Bulog antara lain gula, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, cabai, daging sapi, daging ayam ras, dan telur ayam. Selain oleh Perum Bulog, penyediaan komoditas tersebut juga dapat dilakukan BUMN lain melalui menteri.

Oleh karena itu, ujar Siti, agar masyarakat lebih mengerti dan mengenal Perum Bulog, selain menggelar lomba foto, pihaknya akan memperbanyak acara senada yang melibatkan masyarakat.

“Dengan melakukan lomba foto yang melibatkan masyarakat luar, itu merupakan media sosialisasi dan publikasi yang efektif agar masyarakat dapat mengetahui dan diharapkan juga memahami Bulog saat ini,” tuturnya.

sumber